TQM ( Total Quality Manajemen )

       Pengertian Total Quality Management (TQM) dari sumber acuan yang satu dengan yang lain agak berbeda. Perbenaan ini hanya sebatas pada cara menguraikan. Pengertian TQM menurut  Tjiptono dan Diana (1998 : 4) sebagai berikut :

“adalah suatu pedekatan dalam menjalankan usaha yang mencoba untuk memaksimumkan daya saing organisasi melalui perbaikan terus-menerus atas produk, jasa, manusia, proses, dan lingkungannya”.

       Dari pengertian di atas dapatlah digaris bawahi bahwa adanya upaya perbaikan yang terus menerus dari produk jasa yang didasari dengan perbaikan elemen-elemennya : orang-orang yang terlihat di dalam produksi, mekanisme/teknis produksi dan mesin produksi. Boleh dikatakan bahwa, konsep TQM adalah mengutamakan kualitas/mutu yang diorientasikan pada pelanggan.

 

~ by dianaelviya on May 31, 2012.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: