Manajemen Mutu Terpadu

Dampak nyata dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) yang paling nyata adalah semakin hilangnya batas-batas negara yang biasa disebut dengan globalisasi. Globalisasi berdampak pada kuatnya iklim persaingan antara berbagai macam bidang yang dahulunya mampu di proteksi oleh peraturan suatu negara. Iklim persaingan yang semakin kuat tersebut menuntuk keharusan agar semua organisasi yang ada harus mampu membuat produk yang bermutu.

Setiap organisasi yang hendak mempertahankan eksistensinya dengan karakteristik di atas dituntut untuk melakukan transformasi perubahan manajemen yang cukup mendasar. Sejarah Jepang dengan pertumbuhan industrinya setelah kekalahannya dalam perang dunia ke II telah mampu membuktikan bahwa sistem manajemen yang dikenal dengan sebutan Total Quality Management.

Seluruh aktifitas pekerjaan harus dilakukan perencanaan (Plan) terlebih dahulu. Perencanaan yang sudah dibuat tidak boleh langsung dipakai sebagai standar pelaksanaan, tetapi harus terlebih dahulu dilakukan pengujian (Do) untuk menghindari kesalahan yang fatal. seluruh proses yang dilakukan dalam proses MMT juga harus mendasarkan pada data yang kuat  bukan mendasarkan pada opini seperti yang dilakukan dalam manajemen tradisional.

~ by dianaelviya on May 31, 2012.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: